Google Firebase + ESPectro Core

By November 19, 2016Blog

Google Firebase adalah salah satu platform pemrograman yang relatif baru. Diluncurkan dan dikembangkan pertama kali pada tahun 2012 oleh, Firebase diakuisisi Google pada tahun 2014, dan masih hingga kini aktif dikembangkan oleh raksasa Internet dunia itu.

Firebase memang secara desain dikembangkan untuk digunakan dalam pengembangan software, namun bagi makers yang jiwa eksperimennya kuat, Firebase bisa digunakan dalam mengembangkan hardware juga. Mengapa bisa? Perangkat-perangkat hardware membutuhkan platform yang bisa real-time dan salah satu keunggulan Firebase adalah ke-real-time-annya tersebut, terutama dengan fitur yang dinamakan Realtime Database.

Bagi makers yang juga ingin mencoba menggunakan Firebase dalam mengembangkan hardware atau perangkat IoT-nya, simak presentasi Andri Yadi di GDG DevFest Indonesia 2016 di Semarang awal November lalu di bawah ini. Ia mendemonstrasikan cara mengkoding ESPectro Core development board dengan menggunakan Google Firebase.

Dapatkan source code-nya di tautan berikut ini.

Karena Firebase adalah platform yang didesain untuk software, perlu diingat bahwa ruang lingkup penggunaannya dalam ranah hardware terbatas. Firebase cocok bagi makers pemula yang sedang mengeksplor platform-platform IoT yang tersedia, namun disarankan untuk mendalami platform lainnya yang khusus didesain untuk hardware ketika kemampuannya sudah meningkat, seperti Azure IoT Hub dari Microsoft.

Leave a Reply