Posted on

Road To RIoT 2018 : Medan

Perjalanan Road To RIoT 2018 yang ketiga kali ini hadir di kota Medan, Sumatra Utara. Team Makestro bekerjasama dengan STMIK IBBI menyelenggarakan acara seminar dan workshop pada tanggal 20-21 April 2018 kemarin di Aula Kampus Diamond STIE-STMIK IBBI. Di luar perkiraan, acara Road To RIoT Medan ini mendapatkan antusiasme yang besar dari para Makers dan mahasiswa di Medan, sehingga jumlah peserta mencapai 280 orang yang terdiri dari mahasiswa STMIK IBBI dan beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Medan.

Acara seminar menghadirkan para pembicara dari Makestro, DycodeX, dan STMIK IBBI. Pada sesi pertama, Bapak Sukiman., S.T., M.T selaku Wakil Ketua Bidang Akademik STMIK IBBI menyampaikan materi mengenai Revolusi Industri 1.0-4.0. Indonesia saat ini umumnya masih bergerak di revolusi ketiga yang masih berkutat pada revolusi teknologi informasi. Sedangkan revolusi industri keempat sendiri bisa ditandai dengan munculnya penemuan kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT) dalam pemanfaatannya.

Pada sesi berikutnya, team Makestro memperkenalkan board ESPectro32 kepada para Makers di medan untuk memudahkan pembuatan produk-produk IoT. DycodeX sebagai perusahaan IoT yang memprakarsai Makestro juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk magang ke Bandung dengan menunjukkan proposal mengenai ide-ide baru untuk startup.

Microsoft Student Partner, Bintang Thunder memberikan materi mengenai bagaimana kita bisa membuat hal-hal yang sederhana yang dapat di terapkan di IOT. Sementara IoT Project Leader dari DycodeX, Hisyam Kamil memberikan materi mengenai teknis IoT dan bagaimana perangkat IoT bekerja dalam proses interaksi hardware dengan software.

Pada hari kedua, workshop Road To RIoT Medan dihadiri oleh 80 peserta. Workshop ini dipandu oleh Albert Suwandhi ST, MTI, selaku pemateri workshop dan Dosen Tetap STMIK IBBI bersama Hisyam Kamil dan Samuel Siburian, IoT Software Engineer dari DycodeX. Para peserta workshop sangat antusias dalam mempraktikkan ilmu yang mereka dapatkan. Dengan terjun langsung pada praktik IoT ini, Makestro berharap dapat memunculkan bakat-bakat Makers baru yang kelak dapat menjadi pemimpin era digital Indonesia di masa depan.

Rangkaian acara Road To RIoT masih akan berlangsung di kota-kota lain di Indonesia. Kunjungi website r-iot.id untuk info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *