Posted on

Road To RIoT 2018 Jakarta

Rangkaian acara Road To RIoT 2018 masih bergulir di berbagai kota di Indonesia. Kota keempat adalah Jakarta, ibukota Indonesia. Kali ini rangkaian acara seminar dan workshop diselenggarakan di Aula Gedung MPRQ Kampus UI Depok, pada tanggal 2-3 Mei 2018. Para peserta kali ini didominasi oleh para mahasiswa UI dan STT PLN Jakarta. Antusiasme para mahasiswa terhadap teknologi IoT membuat mereka tampak bersemangat dalam mengikuti rangkaian acara.

Pengisi acara seminar di Road To RIoT Jakarta kali ini adalah Bapak Gunawan Wibisono dan Bapak Abdul Muis, para dosen dari Fakultas Teknik Elektro UI, dan juga mahendra Ahdini dari Makestro Jakarta. Sedangkan untuk acara workshop pada hari kedua dipandu oleh Hisyam Kamil, IoT Project Leader dari DycodeX yang memberikan materi mengenai ESPectro32: Code To Read The Light.

Bapak Zaenuddin sebagai perwakilan dari Kominfo yang hadir pada pembukaan seminar menyatakan perhatian beliau terhadap UI sebagai kampus yang terpandang di Indonesia agar bisa memberikan kontribusi lebih bagi industri IoT di negeri ini. Beliau berharap kelak akan ada kelompok-kelompok kecil di UI yang bisa menggerakkan rekan mahasiswa lain di UI untuk lebih aktif berkreasi dengan teknologi.

Pada sesi seminar, Mahendra memberikan demo project IoT sederhana dengan menggunakan ESP8266. Beliau mendemokan Magic Box dengan konsep dadu. Di mana seluruh sisi Magic Box ini dilengkapi dengan RFID Card dan menggunakan ESP8266 sebagai micro-controllernya.

Sementara pada sesi workshop di hari kedua, ada 50 orang peserta yang hadir. Para peserta di workshop kali ini cenderung lebih cepat tanggap dibanding kota lain. Basically karena yang mengikuti acara ini sudah punya background skill untuk coding Arduino, dan sebelum workshop sudah dilakukan Training for Trainer sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk pengenalan IoT. Para dosen di UI juga menghimbau para mahasiswanya untuk membuat tugas akhir yang selaras dengan tema RIoT tahun ini. Sehingga selain mendapatkan nilai, mereka juga mendapat kesempatan untuk turut serta dalam RIoT 2018.

Ikuti keseruan Road To RIoT di kota-kota lain di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *