Posted on

Menutup 2016 dengan Mengenal Azure IoT di Bandung Azure IoT Meetup

Tim Makestro berfoto bersama peserta Bandung Azure IoT Meetup.

Melanjutkan rangkaian event APAC Azure IoT Weekend yang terakhir diselenggarakan pada bulan November lalu, Makestro menggelar acara serupa bertajuk Bandung Azure IoT Meetup pada hari Jumat, 23 Desember 2016 lalu. Sama seperti di acara Bandung Azure IoT Weekend, di Bandung Azure IoT Meetup ini, Makestro mengundang makers dan para penggiat hardware di kota Bandung untuk mengenal lebih dalam tentang layanan cloud Azure IoT Suite dari Microsoft, seperti layanan apa sajakah yang ditawarkan serta bagaimana layanan-layanan tersebut dapat diintegrasikan dengan proyek IoT yang sedang atau akan dikerjakan oleh para makers dan penggiat hardware. Bandung Azure IoT Weekend ini adalah event Makestro terakhir yang diselenggarakan di tahun 2016 ini.

Lineup pembicara di Bandung Azure IoT Meetup ini meliputi Yugie Nugraha dari Microsoft Indonesia; Budi Rahardjo dan Marisa Paryasto dari ProcodeCG; Endang Suwarna dari komunitas makers Bogor, Buitenzorg Makers Club; dan Muhammad Ibnu Fadhil dari Gravicode.

ProcodeCG di Bandung Azure IoT Meetup.

ProcodeCG yang diwakili oleh Marisa Paryasto dan Budi Rahardjo membuka Bandung Azure IoT Meetup dengan sesinya yang berjudul “Hacking IoT”. Membawa toolbox berbentuk kotak makan khasnya, ProcodeCG membawakan topik yang ringan namun tetap berbobot, sehingga menjadi pembuka yang tepat acara ini.

Endang Suwarna di Bandung Azure IoT Meetup.

Komunitas makers Bogor, Buitenzorg Makers Club ikut memeriahkan acara ini dengan diwakili oleh Endang Suwarna. Di presentasinya yang berjudul “Developing IoT Development Board with Azure IoT Suite”, Endang mendemonstrasikan mudahnya mengintegrasikan ESPectro development board dengan Azure IoT Suite, khususnya Azure IoT Hub, agar dapat mengambil data dan juga dikendalikan melalui platform tersebut.

Yugie Nugraha dan salah satu peserta yang mencoba Microsoft Hololens di Bandung Azure IoT Meetup.

Animo peserta Bandung Azure IoT Meetup ini memuncak ketika Microsoft Hololens ditampilkan oleh Yugie Nugraha, Technical Evangelist DX Microsoft Indonesia. Di sesinya, Yugie mempresentasikan tentang Microsoft Hololens, sebuah perangkat Augmented Reality yang merubah tempat-tempat fisik menjadi sebuah tempat kerja digital dengan teknologi yang disebut dengan spatial understanding.

Muhammad Ibnu Fadhil di Bandung Azure IoT Meetup pimpin “pemanasan” sebelum sesi presentasinya tentang “Azure Functions & Vision API”.

Founder Gravicode , Muhammad Ibnu Fadhil, membawa sesuatu yang segar tentang Azure IoT di sesi presentasinya. Ia menggali lebih dalam fitur-fitur yang ditawarkan Azure IoT Suite dengan mendemonstrasikan tentang “Azure Functions & Vision API”. Azure Functions adalah arsitektur kode serverless event-based yang dilengkapi fitur-fitur untuk membantu pengembang mengembangkan proyek-proyeknya. Sedangkan Azure Vision adalah salah satu fitur Azure di mana penggunanya dapat menganalisa sebuah gambar sehingga data-data dari gambar tersebut dapat diekstrak.

Apakah makers sudah pernah menggunakan Azure IoT Suite juga? Cocokkah untuk kebutuhan pengembangan IoT-mu? Bagikan ceritamu di kolom komentar di bawah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *