lottery sambad xlxx.pro 2beeg.mobi freejavporn.mobi xxxvideo rajwap javidol.org onlyindianporn.net javlibrary.pro borwap.pro freeindianporn.mobi javpussy.net sfico.info mia khalifa xnx

Menggunakan Accelerometer dan Gyroscope Pada ESPectro32

By September 19, 2019Tutorial

Hai Makers! Kali ini kita akan coba menggunakan sensor LSM6DS3 pada board ESPectro32. Sensor LSM6DS3 ini berfungsi sebagai accelerometer dan gyroscope yang di-package kedalam 1 chip. Accelerometer berfungsi untuk mengukur percepatan suatu objek sedangkan gyroscope digunakan untuk mendeteksi rotasi suatu objek atau perangakat. Sensor ini mampu membaca data dari sumbu x,y,z dalam satu waktu.

Sensor ini dapat diaplikasi pada proyek  yang memerlukan fungsi akselerasi dan keseimbangan, contoh dalam kehidupan sehari – hari yaitu drone. Drone menggunakan sensor accelerometer dan gyroscope untuk menjaga keseimbangan pada  saat terbang. Selain itu ada self balancing one wheeled electric skateboard yang merupakan sejenis skateboard elektrik dengan hanya satu roda yang menancap di bagian tengahnya. Skateboard ini juga menggunakan sensor accelerometer dan gyroscope yang digunakan untuk menjaga keseimbangan sehingga mudah untuk digunakan.

OK makers..sebelum kita membuat programnya, makers harus mendownload library LSM6DS3 terlebih dahulu.

https://github.com/sparkfun/SparkFun_LSM6DS3_Arduino_Library

Setelah berhasil di-download, klik kanan pada file yang telah di-download tadi, lalu klik Extract files. Kemudian pada bagian Destination Path  masukkan file pada folder Document > Arduino > libraries.

Contoh Program 1

Pada contoh program pertama, kita menggunakan program example dari bawaan library Sparkfun_LSM6DS3. Buka Arduino IDE lalu klik File > Examples > Sparkfun LSM6DS3 Breakout > MinimalistExample.

Setelah makers compile dan upload programnya, lalu buka serial monitor dan coba makers sambil gerakkan board ESPectro32 pada sumbu X,Y, dan Z. Perhatikan perubahan yang terjadi pada accelerometer dan gyroscope.

Berikut hasil yang didapat dari tim makestro

Contoh Program 2

Pada contoh program 2 kita akan coba mengontrol LED RGB dengan accelerometer, berikut contoh programnya.

Seperti biasa upload dan compile program diatas, lalu gerakkan board ESPectro32 pada sumbu x , y , z. Jika hasil pembacaan accelerometer pada sumbu x melebihi 0.80 maka LED RGB akan menyala warna merah, jika  hasil pembacaan accelerometer pada sumbu y melebihi 0.80 maka LED RGB akan menyala warna hijau, dan LED RGB akan menyala warna biru jika pembacaan pada sumbu z kurang dari – 0.90.

Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat..

Leave a Reply