lottery sambad xlxx.pro 2beeg.mobi freejavporn.mobi xxxvideo rajwap javidol.org onlyindianporn.net javlibrary.pro borwap.pro freeindianporn.mobi javpussy.net sfico.info mia khalifa xnx

Membaca Phototransistor Pada ESPectro32

By September 11, 2019Tutorial

Hi Makers! Pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana cara menggunakan phototransistor yang terdapat pada board ESPectro32 dengan menggunakan library ESPectro32 dan menggunakan fungsi analogRead(). Bagi makers yang belum menginstal library ESPectro32 mohon baca postingan sebelumnya.

Phototransistor

Phototransistor merupakan transistor yang peka terhadap cahaya. Phototransistor pada umumnya dikemas dalam bentuk transparan pada area dimana Phototransistor tersebut menerima cahaya.

https://shop.makestro.com/wp-content/uploads/sites/2/2018/08/ESPECTRO32-v2-02.png

ADC(Analog To Digital Converter)

ESPectro32 memiliki fitur ADC (Analog To Digital Converter), dimana ESPectro32 dapat mengkonversi data/sinyal analog menjadi sinyal digital. ADC pada ESPectro32 mempunyai resolusi 12 bit , sehingga hasil pembacaan berada dalam range nilai 0 – 4095, yang mana 0 untuk 0 V dan 4095 untuk 3.3 V.

Phototransistor dengan Menggunakan Fungsi analogRead()

Untuk memulai memprogram pilih board yang akan digunakan, pada Arduino IDE klik Tools > Board >  Pilih ESPectro32.

Buat program berikut pada sketch

Hubungkan board ESPectro32 ke lapotp/komputer dengan menggunakan kabel micro USB. Compile dan upload program. Jika berhasil di-upload klik Tools > Serial Monitor . Pastikan baudrate-nya 9600 pada serial monitor.

Kita uji phototransistor dengan cara menutup ESPectro32 dengan tangan supaya phototransistor tidak atau sedikit menerima cahaya, lalu bandingkan dengan tidak ditutup dengan tangan supaya phototransistor bisa menerima cahaya. Dibawah ini adalah hasil yang didapat dari tim makestro.

Phototransistor Dengan Menggunakan Library ESPectro32

Sekarang kita mencoba membuat program dengan menggunakan library ESPectro32 untuk membaca phototransistor di board ESPectro32.

Lalu buat program berikut pada sketch:

Dengan menggunakan library seperti pada contoh di atas, program atau sketch yang dibuat dapat lebih ringkas dan lebih “bersih”, dalam kasus ini sketch bersih dari kompleksitas konversi nilai dari pembacaan ADC pada pin IO36 menjadi nilai tegangan. Program atau sketch yang “bersih” dan ringkas jauh lebih mudah dibaca.

Setelah membuat program seperti contoh diatas, compile dan upload program. Jika berhasil di-upload klik Tools > Serial Monitor, Untuk menguji phototransistor, coba lakukan seperti yang dilakukan sebelumnya. Berikut ini adalah hasil yang didapat oleh tim Makestro:

Selamat Mencoba! Semoga tutorial ini bermanfaat.

 

Leave a Reply