lottery sambad xlxx.pro 2beeg.mobi freejavporn.mobi xxxvideo rajwap javidol.org onlyindianporn.net javlibrary.pro borwap.pro freeindianporn.mobi javpussy.net sfico.info mia khalifa xnx

E-Time: Waktunya Mahasiswa se-Indonesia Pamer Ide Didepan Industri

By April 5, 2017Blog

Makestro kembali mendukung semangat maker movement dalam bidang pendidikan di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Rangkaian acara E-Time yang digelar sejak 19 Desember 2016 ini berpuncak pada babak final di tanggal 31 Maret – 1 April 2017. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) PNJ, acara ini berhasil ditutup dengan semarak dengan menampilkan beberapa juri dari industri. Adapun juri tersebut yakni Andri Yadi (CEO DycodeX), Adri Gautama (Direktur Cisco Academy Indonesia), dan Syahmudin Alfaritsi (Net. Info. Strategi & Data Collection Managet Indosat).

Gaung Internet of Things (IoT) yang semakin riuh membuat beberapa institusi pendidikan tergerak untuk turut serta meramaikan dengan lomba, seminar atau bahkan workshop. DycodeX sebagai perusahaan yang bergerak di industri hardware pun tak luput menjadi sorotan para penyelenggara acara. Bersama dengan Makestro, kehadiran Andri Yadi sebagai salah satu dari juri yang bertugas berhasil mencuri perhatian mahasiswa yang datang dari berbagai universitas di Indonesia.

Rangkaian acara yang bertajuk Incredible Things with Technology ini berhasil menampilkan sejumlah ide yang berbentuk prototype dari para mahasiswa. Bertujuan untuk memperkenalkan dunia digital kepada masyarakat umum. Acara yang disebut-sebut sebagai ajang kreativitas dan kompetisi dalam merancang dan merencanakan alat digital berbasis internet ini berhasil membuktikan bahwa gaung IoT sudah sampai hingga titik terujung Indonesia. Tercatat lebih dari 20 kampus di Indonesia yang turut serta dalam perhelatan akbar yang digelar setahun sekali oleh PNJ ini. Namun, hanya 20 kelompok yang berhasil mencapai babak final pada tanggal 31 Maret – 1 April 2017.

Karya Terbaik Berdasarkan Keputusan Juri

Berdasarkan keputusan para juri, 4 (empat) kelompok berhasil menduduki peringkat di lomba nasional ini. Adapun hasil karya ke-empat kelompok itu adalah sebagai berikut.

1. UB-Team dari Universitas Brawijaya “Sistem Monitoring Kualitas Air Kolam Ikan Nila
2. Balinet dari Universitas Udayana “SPOOLIZER
3. Crop Project dari Politeknik Pos Indonesia “SIGAMACi
4. Quatic dari Institut Teknologi Surabaya “Water Quality Control Based on IoT Platform

Walaupun terkendala berbagai informasi dan pengetahuan mengenai kemampuan board lokal dalam prototype yang dibuat oleh para mahasiswa, Andri Yadi berbagi pengetahuan dan informasi yang dimilikinya untuk memotivasi para mahasiswa. Dijumpai disela kesibukannya sebagai juri utama di lomba IoT E-Time PNJ, Andri mengungkapkan kekagumannya pada ide-ide peserta yang liar. “IoT itu kan sebenarnya berawal dari keresahan terhadap sesuatu masalah yang sebenarnya bisa di solve dengan teknologi. Nah, ide-ide mahasiswa ini yang berasal dari keresahan masing-masing di daerah masing-masing secara tidak langsung juga membuka ide lainnya untuk kalangan developer. Khususnya, DycodeX sendiri sebagai perusahaan yang bergerak di industri hardware agar lebih memahami kebutuhan makers.” ungkapnya.

Makestro Salut dengan Semangat yang Tak Mudah Luntur

Tak putus harapan, semangat peserta yang masuk dalam 20 besar ini kian memuncak saat menghampiri booth Makestro yang menampilkan beberapa prototype karya makers lokal Bandung. Keingintahuan yang terus bertambah ini mendorong peserta untuk lebih mengenal boards lokal yang lebih ramah dan mampu memenuhi kebutuhan peserta. Wah, semangatnya benar-benar patut diacungi jempol, ya? Teruslah berkarya, anak bangsa! Nasib bangsa berada ditanganmu.

Layaknya Soekarno yang meminta 10 anak muda untuk mengguncang dunia, apa jadinya ya bila sekumpulan mahasiswa kreatif ini yang bergerak bersama untuk mengguncang bangsa dengan produk IoT mereka?

Leave a Reply