Posted on

GPS Module – Why and how to use one

GPS Module – Why and how to use one

Saat ini saya bermaksud membuat sebuah proyek kecil dengan menggunakan Modul GPS (UBLOX Neo) dan ESPectro. Ini bukan pertama kalinya saya menggunakan Modul GPS dalam sistem yang diembed, tapi kali ini sesuatu memicu rasa ingin tahu saya tentang bagaimana modul GPS bekerja dan apa yang harus saya lakukan dengannya. Ketika saya memulai sebuah perjalanan untuk memahami apa sebenarnya modul itu, saya menemukan pertanyaan menarik dari teman saya tentang teori konspirasi bahwa GPS tidak bekerja dengan satelit, namun ada beberapa nodus dasar yang menggunakan triangulasi untuk memberi tahu lokasi modul, Tapi ini adalah diskusi untuk nanti. Untuk saat ini saya akan berbagi apa yang saya pelajari saat saya mencoba menyelesaikan proyek ini.

UBLOX Neo GPS module and antenna
UBLOX Neo GPS module and antenna

My phone says it needs internet to locate me, does it too?

Sebenarnya ponsel kita bisa melacak  anda tanpa menggunakan internet, karena koneksi internet bukanlah kebutuhan GPS. Tapi seperti yang bisa kita harapkan dari perangkat yang relatif kecil dan jarak yang cukup jauh dari satelit, dengan menggunakan GPS, kita tidak dapat menentukan lokasi yang tepat, beberapa mungkin memiliki akurasi sekitar 3 meter atau sampai 10 meter tergantung pada Beberapa faktor, namun dengan menggunakan bantuan koneksi internet (Assisted-GPS) adalah mungkin untuk menentukan lokasi kita hingga 1 meter akurasi dan pada waktu yang cukup singkat saat itu. Jadi dimungkinkan untuk menggunakan GPS tanpa lokasi internet, karena GPS memiliki antena tersendiri untuk menerima data dari satelit dan dari situ data tersebut bisa digunakan untuk menentukan lokasi.

So, I need to communicate with satellite? I bet using GPS is hard as hell

Jika kita membuat low level system (modul GPS itu sendiri) dengan menggunakan modul GPS semudah membaca komunikasi serial. Kita tidak benar-benar perlu untuk berkomunikasi dengan modul itu sendiri apalagi satelit, karena untuk menggunakannya (dengan cara yang paling sederhana) kita hanya perlu mendengarkan apa yang dikomunikasikan kepada kita (atau komputer / mikro kontroler) dan mereka akan memberi tahu kita di mana kita berada atau apakah mereka bisa menemukan kita atau tidak. Jadi yang perlu kita lakukan untuk menggunakan modul GPS ini adalah mendengarkan, simple kan?

Really? how do I listen to it?

Nah .. kita tidak akan mendengar apapun secara audio, dua hal yang perlu kita ketahui untuk bisa mendengarkan dengan benar bagaimana komunikasinya, baik menggunakan teks, suara, atau morse, dll. dan bahasa apa yang digunakannya. Dalam hal ini, komunikasi modul GPS menggunakan Serial Communication (USART) dan ‘bahasa’ yang disebutnya disebut bahasa NMEA, sebuah protokol yang biasa digunakan untuk pelokalan GPS. Dengan komunikasi dengan menggunakan USART, dan dengan memahami bahasa NMEA, kita dapat mendengarkan dengan benar dan memahami apa yang dikatakan modul kepada kita. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menghubungkan modul GPS Anda ke komputer dan menggunakan U-Center, Perangkat Lunak GNSS dari U-Blox yang bisa kita gunakan untuk menerjemahkan kalimat ke data yang lebih mudah dibaca.

 Untuk mendapatkan bantuan GPS silakan kunjungi halaman proyek saya, yang akan segera saya update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *