lottery sambad xlxx.pro 2beeg.mobi freejavporn.mobi xxxvideo rajwap javidol.org onlyindianporn.net javlibrary.pro borwap.pro freeindianporn.mobi javpussy.net sfico.info mia khalifa xnx

Cara Menggunakan Display OLED I2C Dengan ESPectro32

By September 23, 2019Tutorial

Hai Makers! Pada  kesempatan kali ini kita akan coba  membahas bagaimana caranya mengkases  display OLED SSD1306 dengan ESPectro32. OLED merupakan singkatan dari Organic Light Emitting Diode atau dioda cahaya organik. OLED merupakan plastik yang bersifat semi konduktor, jika dialiri arus listrik maka plastik memancarkan cahaya. Display OLED SSD1306 ini ada beberapa jenis yang beredar di pasaran namun pada percobaan ini kita akan menggunakan jenis OLED yang diakses dengan menggunakan pin  I2C.

Bahan-bahan berikut ini yang harus dipersiapkan oleh makers sebelum melakukan percobaan:

  • ESPectro32
  • Kabel Jumper (Male/Female)
  • Display OLED SSD1306
  • Kabel USB mikro

Wiring Diagram

Berikut wiring diagram yang menghubungkan display OLED SSD1306 dengan ESPectro32.

Hubungkan pin VCC pada display OLED ke pin 3.3V  ESPectro32.

Hubungkan pin GND pada display OLED ke pin GND  ESPectro32.

Hubungkan pin SCK pada display OLED ke pin SCK ESPectro32.

Hubungkan pin SDA pada display OLED ke pin SDA ESPectro32

OK makers..Setelah kita menghubungkan display OLED  ke ESPectro32 dengan menggunakan kabel jumper langkah selanjutnya adalah membuat kode program, tapi sebelum kita memprogram kita harus menginstall terlebih dahulu library OLED dengan cara berikut ini:

  1. Buka Arduino IDE
  2. Klik Sketch > Include Library > Manage Libraries
  3. Ketik OLED pada kolom dan install ESP8266 dan ESP32 OLED Driver for SSD1306 display.

Contoh Program 1

Contoh program pertama kita akan menggunakan example, klik File > Examples> ESP8266 dan ESP32 OLED Driver >SSD1306SimpleDemo. Kemudian ganti D3 dengan angka 21 dan D5 dengan angka 22. 21 adalah pin SDA pada ESPectro32 sedangkan 22 adalah pin SCK.

Hubungkan board ESPectro32 ke laptop/komputer dengan menggunakan kabel USB micro kemudian compile dan upload program lalu perhatikan pada display OLED apa yang terjadi.

Contoh Program 2

Contoh yang ke dua kita akan coba menampilkan hasil nilai dari phototransistor yang terdapat pada board ESPectro32 di display OLED. Buat program seperti berikut ini:

Seperti biasa hubungkan ESPectro32 dengan laptop dan upload programnya. Maka display OLED akan menampilkan seperti gambar dibawah ini.

Semoga Bermanfaat..

Selamat Mencoba..

Leave a Reply